Lompat ke konten

Meningkatkan Profesionalisme Pendidik: Suksesnya Pelatihan PEKERTI Batch II di LP3 ULM

  • oleh

Pada periode 19-27 September 2023, Aula LP3 menjadi saksi keberhasilan “Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) Batch II.” Kegiatan ini dibuka dengan penuh semangat oleh Dr. Iwan Aflanie, dr., M.Kes., Sp.F., SH, Wakil Rektor I Universitas Lambung Mangkurat, dan Agung Nugroho, S.TP, M.Sc, Ph.D, selaku Ketua LP3, yang memberikan sambutan.

Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional: Fokus pada Profesionalisme Pendidik

Pelatihan PEKERTI Batch II dirancang untuk meningkatkan keterampilan dasar dalam teknik instruksional para pendidik di Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Dengan penekanan pada metode pembelajaran yang efektif dan inovatif, pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat profesionalisme pendidik ULM.

Sambutan Dr. Iwan Aflanie: Pentingnya Pengembangan Keterampilan Instruksional

Dalam sambutannya, Dr. Iwan Aflanie, dr., M.Kes., Sp.F., SH menyoroti pentingnya pengembangan keterampilan instruksional di tengah dinamika perkembangan pendidikan. Ia menggarisbawahi bahwa pendidik yang memiliki keterampilan instruksional yang kuat dapat memberikan dampak positif pada proses pembelajaran dan prestasi mahasiswa.

Agung Nugroho: Transformasi Pembelajaran untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Agung Nugroho, S.TP, M.Sc, Ph.D memberikan perspektif tentang pentingnya transformasi pembelajaran untuk menghadapi tuntutan masa depan. Dengan teknik instruksional yang ditingkatkan, pendidik diharapkan dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih interaktif dan berdaya guna.

Materi dan Sesi Praktik: Penguatan Keterampilan Instruksional

Pelatihan melibatkan penyampaian materi yang komprehensif dan sesi praktik langsung. Peserta diajak untuk memahami konsep-konsep teknik instruksional baru dan mengaplikasikannya dalam konteks pengajaran mereka masing-masing.

Diskusi dan Pertukaran Pengalaman: Memperkaya Wawasan Pendidik

Sebagian besar waktu pelatihan diisi dengan diskusi kelompok dan pertukaran pengalaman. Hal ini memberikan ruang bagi para pendidik untuk saling belajar, berbagi ide, dan mengatasi tantangan yang mereka hadapi dalam mengimplementasikan teknik instruksional yang baru.

Penutup: Komitmen untuk Peningkatan Terus-Menerus

Acara ditutup dengan semangat tinggi. Para peserta diberikan sertifikat sebagai pengakuan atas partisipasi aktif mereka dalam pelatihan. Dr. Iwan Aflanie, dr., M.Kes., Sp.F., SH dan Agung Nugroho, S.TP, M.Sc, Ph.D menyampaikan komitmen untuk menerapkan keterampilan instruksional yang baru guna meningkatkan kualitas pembelajaran di ULM.

Peran LP3 dalam Peningkatan Profesionalisme Pendidik

Pelatihan PEKERTI Batch II di LP3 ULM bukan hanya sekadar acara, melainkan perwujudan nyata dari peran LP3 sebagai pusat pengembangan profesionalisme pendidik. Dengan keterampilan instruksional yang ditingkatkan, diharapkan pendidik di ULM mampu membawa perubahan positif dalam proses pembelajaran dan menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna bagi mahasiswa.