Lompat ke konten

Meningkatkan Kualitas Evaluasi Mata Kuliah: Pelatihan SIA untuk Kelas Kolaboratif dan Fasilitatif

  • oleh

Pada tanggal 10 Oktober 2023, Ball Room Hotel G’Sign Banjarmasin menjadi saksi pelaksanaan “Pelatihan Pengisian Evaluasi Mata Kuliah pada SIA dengan Pembelajaran berbasis Kasus dan Proyek Pendukung Pencapaian IKU 7 (Kelas yang Kolaboratif dan Fasilitatif).” Kegiatan ini dibuka oleh Dr. Iwan Aflanie, dr., M.Kes., Sp.F., SH, Wakil Rektor I Universitas Lambung Mangkurat, dan Agung Nugroho, S.TP, M.Sc, Ph.D, selaku Ketua LP3, yang memberikan sambutan.

Mengoptimalisasi Pengisian Evaluasi Mata Kuliah pada SIA

Pelatihan ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengisian evaluasi mata kuliah pada Sistem Informasi Akademik (SIA), dengan penekanan pada penerapan pembelajaran berbasis kasus dan proyek yang mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) 7. Hal ini sejalan dengan komitmen ULM untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Kelas Kolaboratif dan Fasilitatif: Fokus pada Interaksi dan Pencapaian Tujuan

Dalam sambutan pembukaan, Dr. Iwan Aflanie, dr., M.Kes., Sp.F., SH menyoroti pentingnya pembelajaran yang kolaboratif dan fasilitatif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Agung Nugroho menambahkan bahwa pelatihan ini dirancang untuk memberikan panduan praktis bagi pengajar dalam merancang dan mengevaluasi mata kuliah mereka.

Proses Pengajaran berbasis Kasus dan Proyek: Strategi Pemahaman Mendalam

Workshop fokus pada proses pengajaran berbasis kasus dan proyek, sebagai strategi untuk mendukung pencapaian IKU 7. Peserta diajak untuk memahami konsep-konsep tersebut, serta bagaimana mengintegrasikannya ke dalam mata kuliah mereka untuk mencapai hasil pembelajaran yang lebih mendalam.

Diskusi dan Pertukaran Pengalaman

Sebagian besar waktu pelatihan diisi dengan sesi diskusi dan pertukaran pengalaman antar peserta. Hal ini memungkinkan para pengajar untuk saling belajar satu sama lain, berbagi tantangan, dan mencari solusi bersama dalam menghadapi realitas pengajaran di kelas.

Sambutan Ketua LP3: Mendorong Inovasi dalam Pembelajaran

Agung Nugroho, S.TP, M.Sc, Ph.D memberikan sambutan penutup dengan memberikan apresiasi kepada semua peserta yang telah aktif berpartisipasi. Ia menyatakan harapannya bahwa pelatihan ini akan menjadi pemicu inovasi dalam pendekatan pengajaran, mengarah pada peningkatan kualitas pembelajaran di ULM.

Melangkah ke Depan dengan Penuh Antusiasme

Pelatihan ini tidak hanya menjadi acara sekali waktu, melainkan langkah awal yang menjanjikan menuju pengembangan pembelajaran yang lebih berkualitas di ULM. Dengan penekanan pada kelas kolaboratif dan fasilitatif, serta penerapan pembelajaran berbasis kasus dan proyek, ULM melangkah ke depan dengan penuh antusiasme dalam mencapai standar kualitas pendidikan yang lebih tinggi.