Lompat ke konten

Membangun Fondasi Pembelajaran Berkualitas: Pelatihan Penyusunan Rencana Pembelajaran Dasar Umum di Universitas Lambung Mangkurat

  • oleh

Pada tanggal 9 November 2023, Hotel G’Sign Banjarmasin menjadi saksi pelaksanaan “Pelatihan Penyusunan Rencana Pembelajaran Dasar Umum di Lingkungan Universitas Lambung Mangkurat Tahun 2023.” Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dr. Iwan Aflanie, dr., M.Kes., Sp.F., SH, Ketua Wakil Rektor I Universitas Lambung Mangkurat, dan Agung Nugroho, S.TP, M.Sc, Ph.D, selaku Ketua LP3, yang memberikan sambutan.

Membuka Pintu Menuju Pembelajaran yang Terstruktur dan Berkualitas

Pelatihan ini bertujuan untuk membekali para pengajar di lingkungan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dengan keterampilan dalam menyusun Rencana Pembelajaran Dasar Umum. Hal ini menjadi langkah awal dalam membangun fondasi pembelajaran yang terstruktur dan berkualitas di seluruh fakultas dan program studi di ULM.

Sambutan Dr. Iwan Aflanie: Pentingnya Rencana Pembelajaran yang Terencana dengan Baik

Dalam sambutannya, Dr. Iwan Aflanie, dr., M.Kes., Sp.F., SH menyoroti pentingnya rencana pembelajaran yang terencana dengan baik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Ia menekankan bahwa penyusunan Rencana Pembelajaran Dasar Umum merupakan langkah strategis dalam memastikan pengajaran yang efektif dan bermakna bagi mahasiswa.

Agung Nugroho: Menumbuhkan Kreativitas dalam Proses Pembelajaran

Agung Nugroho, S.TP, M.Sc, Ph.D memberikan pandangan yang mendalam tentang peran kreativitas dalam pembelajaran. Ia menyatakan bahwa Rencana Pembelajaran Dasar Umum harus mampu menumbuhkan kreativitas mahasiswa dan memberikan pengalaman pembelajaran yang berkesan.

Materi dan Praktik Penyusunan Rencana Pembelajaran

Pelatihan melibatkan sesi materi dan praktik langsung dalam penyusunan Rencana Pembelajaran Dasar Umum. Para peserta diajak untuk memahami konsep dasar, tujuan pembelajaran, serta strategi pengajaran yang mendukung pencapaian hasil pembelajaran.

Diskusi dan Umpan Balik Konstruktif

Sebagian besar waktu pelatihan dialokasikan untuk diskusi kelompok dan sesi umpan balik. Ini memberikan kesempatan kepada para pengajar untuk saling berbagi pengalaman, ide, dan memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas rencana pembelajaran.

Penutup: Komitmen untuk Peningkatan Terus-Menerus

Acara ditutup dengan komitmen dari Dr. Iwan Aflanie, dr., M.Kes., Sp.F., SH dan Agung Nugroho, S.TP, M.Sc, Ph.D untuk terus mendorong peningkatan kualitas pembelajaran di ULM melalui penyusunan rencana pembelajaran yang berkualitas. Para peserta diberikan sertifikat sebagai penghargaan atas partisipasi aktif mereka.

Menuju Masa Depan Pendidikan yang Lebih Baik

Pelatihan Penyusunan Rencana Pembelajaran Dasar Umum di ULM bukan hanya sekadar acara, melainkan upaya nyata menuju masa depan pendidikan yang lebih baik. Dengan dukungan dari pimpinan universitas dan komitmen para pengajar, ULM semakin kokoh dalam mengembangkan sistem pembelajaran yang berkualitas dan relevan.