Pada tanggal 28 – 30 Juli 2017, HEPI UKD Kalimantan Selatan bekerja sama dengan Lembaga Peningkatan dan Pengembangan Pembelajaran (LP3) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin menyelenggarakan Konferensi dan Seminar Nasional dengan tema “Penguatan Literasi Guru dalam Asesmen Kelas“. Acara Seminar Nasional ini dibuka oleh Wakil Rektor 1 Universitas Lambung Mangkurat, Prof. Dr. Alim Bahri, SE, MM.

 

Pada tanggal 28 Juli, kegiatan meliputi Pelatihan/Workshop tentang Pengembangan HOTS dan Analisis Statistik dengan Program R yang dihadiri oleh Prof. Kumaidi, Ph.D., Jahja Umar, Ph.D., Madona Yunita Wijaya, M.Si., Dr. Rahmawati, M.Ed., juga Ketua Umum HEPI yaitu Bahrul Hayat, Ph.D sebagai narasumber pelatihan. Pada malam harinya dilaksanakan pembukaan Seminar Nasional dengan dibuka oleh Wakil Rektor 1 Universitas Lambung Mangkurat, Prof. Dr. Alim Bahri, SE, MM.

Pada tanggal 29 Juli, Seminar Nasional dilaksanakan dengan Prof. Ir. Nizam, Ph.D dan Ir. Totok Suprayitno, Ph.D sebagai Keynote Speaker. Ada pun temanya adalah “Penguatan Literasi Guru dalam Asesmen Kelas” dan sub tema “Penguatan Literasi Guru dalam Asesmen Kognitif, Afektif, Konatif, UNBK, kelas inklusi, mata pelajaran, dan E-learning/Blended Learning. Membangun soal Higher Order Thinking Skills (HOTS)”; “Asesmem Kelas dalam Pembelajaran; dan Aplikasi Perangkat analisis tes dan pengukuran.”